About Us

Teknologi teratas dekade terakhir, Teknologi telah banyak berubah dalam sepuluh tahun terakhir, dan mungkin dengan cara yang tidak dapat kita prediksi.

Di Blade Runner, Ridley Scott membayangkan 2019 menjadi distopia suram dengan klon replika dan mobil terbang. Dalam Back to the Future II, tahun 2015 diisi dengan tali pengikat sendiri dan transportasi hover-board. Dan pada tahun 2006, beberapa pakar teknologi memperkirakan bahwa pengguna iPod akan beralih ke Zune dalam dekade mendatang.

Sementara prediksi ini tetap menjadi fiksi ilmiah (atau hanya salah), dekade terakhir telah melihat beberapa inovasi luar biasa yang mengubah dunia yang selamanya mengubah hubungan kita dengan gadget dan teknologi kita.

Teknologi teratas dekade terakhir

Ya, banyak dari teknologi ini telah menghadapi ketakutan dan kontroversi, tetapi kebanyakan dari mereka telah melakukan banyak hal baik bagi dunia. Jadi, saat kita memasuki dekade baru, kita ingin berhenti dan merayakan kebaikan yang telah dibawa oleh Teknologi teratas dekade terakhir kita ke dalam kehidupan, masyarakat, dan budaya kita.

Tanpa basa-basi lagi, mari kita lihat kembali teknologi teratas dalam sepuluh tahun terakhir untuk melihat teknologi apa yang telah mengubah hidup kita dan bagaimana kerja keras kita di bidang teknologi telah membentuk dekade baru yang akan datang ini!

1. AI, Pemrosesan Bahasa Alami, dan Pembelajaran Mendalam

Meskipun mereka membawa ketakutan akan Singularitas atau invasi yang terinspirasi iRobot, AI, pemrosesan bahasa alami, dan Teknologi teratas dekade terakhir  pembelajaran mendalam telah membuktikan beberapa investasi terpenting untuk dekade berikutnya.

Perkembangan ini tidak hanya mengilhami percakapan filosofis dan etis, tetapi juga telah mengubah lusinan industri menjadi lebih baik.

AI telah membantu dalam eksplorasi ruang angkasa, solusi transportasi, manufaktur, media, perawatan kesehatan, pendidikan, dan banyak lagi. AI telah menginspirasi gelombang seni baru melalui proyek seperti Deep Dream Generator dan Eksperimen dengan Google.

Teknologi ini memiliki dampak transformatif pada masa depan kita. Cara kami berinvestasi di dalamnya sekarang memiliki banyak pengaruh selama dekade mendatang.

2. Teknologi Microsoft Azure dan Cloud (2010)

Ledakan perangkat lunak cloud dalam dekade terakhir tidak terduga dan menarik. Produk konsumen seperti Dropbox, Apple iCloud, Google Drive, dan OneDrive telah mengubah infrastruktur inti internet, perbankan, dan bisnis.

Cara kami menyimpan informasi, mengirim data, dan melakukan bisnis telah diubah pada tingkat dasar oleh Teknologi teratas dekade terakhir seperti Microsoft Azure.

Tempat kerja menjadi jauh lebih fleksibel, efisien, dan produktif melalui akses ke gudang data bersama. Teknologi teratas dekade terakhir cloud membantu mengurangi jejak karbon dan memberdayakan orang-orang di seluruh dunia dengan pendidikan yang dapat diakses.

Cloud telah mengubah dunia dengan mengubah cara kita berpikir tentang informasi. Siapa yang tahu di mana itu akan membawa kita dalam sepuluh tahun ke depan!

3. iPad dan Tablet (2010)

Untuk sementara, tablet tampak seperti sesuatu yang keluar dari fantasi fiksi ilmiah kita, tetapi dekade terakhir telah membuktikan bahwa komputasi layar sentuh pribadi adalah masa depan Teknologi teratas dekade terakhir. Perkembangan tablet, khususnya iPad, mengatur nada untuk inovasi dekade yang baru saja kita alami.

Ketika Apple merilis iPad, Steve Jobs mengatakan bahwa itu akan menjadi “kategori perangkat yang sama sekali baru yang akan menghubungkan pengguna dengan aplikasi dan konten mereka dengan cara yang jauh lebih intim, intuitif, dan menyenangkan daripada sebelumnya.” Ternyata, dia benar.

Tablet telah membuat komputasi dapat diakses dan disesuaikan dengan gaya hidup yang berbeda.

Tablet terintegrasi dengan banyak praktik pendidikan. Mereka digunakan oleh anak-anak untuk belajar di usia dini.

Mereka digunakan oleh ribuan desainer grafis dan seniman profesional.

Tablet muncul di masa depan, dan telah membawa manfaat dan kemudahan yang tak terduga dalam hidup kita.

4. Teknologi teratas dekade terakhir: 4G LTE

4G LTE kemungkinan telah menjadi lompatan terbesar ke generasi baru smartphone dan pentingnya mereka untuk kehidupan kita sehari-hari. Kapasitas untuk streaming seluler, hotspot, dan aplikasi real-time telah selamanya mengubah ketergantungan kita pada smartphone, membuka pintu untuk hal-hal seperti aplikasi Rideshare.

4G LTE telah mengubah cara kita berbisnis, cara kita berinteraksi dengan orang-orang terkasih jarak jauh, cara kita mempelajari berita dunia secara real-time.

Berita dan jurnalisme selamanya diubah oleh 4G dengan menempatkan dunia di ujung jari kita dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya. Kami penasaran, gugup, dan bersemangat tentang transisi ke 5G yang akan kita lihat dalam dekade berikutnya.

5. Tesla Model S (2015)

Mobil bertenaga listrik ini telah membentuk kembali lintasan industri dengan menetapkan standar baru untuk transportasi bertenaga baterai, membantu mengurangi emisi dan ketergantungan pada industri bahan bakar fosil.

Desain apik Tesla Model S juga menantang gagasan bahwa mobil listrik “tidak keren” atau impian masa depan yang jauh.

Meskipun Tesla tetap tidak dapat diakses secara finansial bagi banyak orang, ini adalah momen penting yang menandai pergeseran ke era baru inovasi transportasi.

6. Alexa dan Amazon Echo (2014)

Asisten suara pribadi telah menjadi gadget umum di banyak rumah di seluruh dunia. Faktanya, hampir 100 juta perangkat Alexa telah terjual pada 2019.

Perangkat kecil ini telah membantu jutaan orang dengan kehidupan sehari-hari dan jadwal sibuk mereka. Gadget ini juga terbukti membuat berkendara lebih aman.

Meskipun kami tidak sepenuhnya memprediksi teknologi Cookie Black Mirror yang menakutkan, teknologi ini terbukti sangat kontroversial. Percakapan seputar perangkat Alexa dan Amazon Echo telah mendorong kami ke dalam diskusi penting tentang privasi dan pengumpulan data.

Teknologi ini tidak hanya memberi kita manfaat gaya hidup yang nyata, tetapi juga memaksa kita untuk menghadapi etika teknologi kita.

7. Teknologi yang dapat dipakai

Teknologi yang dapat dikenakan telah terbukti jauh lebih populer daripada yang diantisipasi siapa pun, mulai dari FitBit (~2009), hingga AppleWatch yang sangat populer (2015), hingga Google Glass (2013).

Dan Teknologi ini menandai pergeseran ke era yang dulu hanya dianggap sebagai fiksi ilmiah: Teknologi teratas dekade terakhir kini terintegrasi dengan kehidupan aktif kita.

Perangkat pelacak kebugaran dan gaya hidup ini telah membantu jutaan orang tetap bugar dan memenuhi tujuan olahraga dengan cara yang tidak mengganggu kehidupan yang sudah sibuk. AppleWatch juga telah menunjukkan potensi untuk merevolusi belanja dengan membuat ApplePay lebih mudah dari sebelumnya.

Demikian pula, para ahli memperkirakan bahwa kacamata AR seperti Google Glass akan menjadi tren besar berikutnya di tahun 2020-an. Siapa yang tahu perangkat kecil ini akan terbukti sangat berguna.

8. Teknologi teratas dekade terakhir: Layanan streaming (~2016)

Popularitas streaming telah meroket dalam sepuluh tahun terakhir, dan lusinan perusahaan ikut-ikutan. Amazon Prime, HBO, NBCUniversal, Hulu, Netflix, Disney+, dan banyak lagi. Tiba-tiba, media dan konten menjadi lebih mudah diakses dari sebelumnya, dan itu selamanya mengubah sejarah TV kabel.

Layanan streaming memberdayakan pemirsa untuk mempersonalisasi program mereka dari perpustakaan konten yang sangat besar yang jauh lebih hemat dari iklan pihak ketiga yang diinvestasikan untuk berhasil.

Layanan streaming juga membuat karya independen, serial jangka pendek. Dan beragam pembuatan film lebih mudah diakses oleh khalayak yang lebih luas. Meski perkembangan ini bukannya tanpa komplikasi atau kontroversi. Tidak dapat disangkal bahwa layanan streaming telah membawa banyak kegembiraan bagi jutaan pecinta film di seluruh dunia.