Manfaat Melakukan Root Android

13 Manfaat Melakukan Root AndroidManfaat Melakukan Root Android, Bagi Kalian user HP Android, pernah dengar istilah root bukan? Makna root disini adalah memberi akses ‘super user’ kepada user untuk masuk ke dalam sistem. Istilahnya, memberi Kalian hak akses yg lebih tinggi untuk mengubah sistem Android yg ada di HP Kalian. Android sendiri dikembangkan dengan open-source yg artinya user umum juga bisa melakukan modifikasi, mulai dari tampilan hingga sistem kerja HP.

Proses melakukan rooting ini biasa di alkukan oleh para pengguna smartphone android, akan tetapi ada juga yang tidak berani melakukan rooting dengan berbagai macam alasan. Supaya tidak bingung, berikut ini kami jabarkan beberapa manfaat yg terdiri dari kelebihan, keuntungan, kekurangan serta kerugian root Hp Android yg perlu Kalian ketahui.

Selain itu juga, pastikan Kalian sudah memahami solusi-solusi dari setiap resiko yang akan Kalian hadapi. Kalian dapat melakukan ini dengan memahami cara mencegah masuknya malware yang sangat beresiko untuk masuk ke dalam software HP Kalian. Selain itu juga, Kalian juga harus memahami bagaimana cara mengubah semua setting sistem yang bisa Kalian ubah setelah melakukan rooting. Baca juga: Game Seru PS5 Terbaik Tahun 2021

Manfaat Melakukan Root Android

Dalam melakukan rooting smarpthone android, kalian harus mengetahui berbagai macam hal sebagai eprsiapannya, dan tidak boleh di lakukan oleh orang awam. Apabila Kalian pengguna awam, jangan sungkan untuk meminta bantuan dari teman atau kerabat Kalian yang lebih berpengalaman ya. Karena itu, sebelum Kalian mencoba melakukan rooting, ada baiknya Kalian memahami Manfaat Melakukan Root Android yang akan kami jelaskan lebih lanjut dibawah ini.

Keuntungan Root Hp Android

HP Lebih Ngebut

Dengan rooting, Kalian bisa melakukan overclock Android Kalian atau mengoptimalkan kinerja hardware sehingga dapat menjalankan semua aplikasi dengan cepat. Ada banyak aplikasi yg bisa Kalian gunakan untuk Overclock maupun Underclock HP Kalian, seperti misalnya SetCPU.

Install Aplikasi Game Sepuasnya

Dengan root, Kalian punya banyak kesempatan untuk install aplikasi dan games yg sebelumnya tidak dapat didownload. Ada banyak aplikasi dan games keren yg mengharuskan penggunanya untuk menggunakan device yg sudah di root. Game HD atau 3D yg sebelumnya tidak bisa Ada download pun akan dapat didownload dengan mudah setelah Android Kalian di-root.

Uninstall Aplikasi Bawaan

Di setiap HP Android biasanya tertanam aplikasi bawaan atau bloatware yg jarang Kalian gunakan atau bahkan tidak digunakan sama sekali. Umumnya, aplikasi asli dari pabrik HP ini tidak bisa di hilangkan dan tidak bisa di non-aktifkan sehingga menyebabkan memori smartphone menjadi penuh. Dengan melakukan rooting, Kalian bisa menghilangkan semua aplikasi asli pabrik yg tidak di inginkan atau mentransfernya ke SD card sehingga memori dalam di HP Kalian lebih beasr dan dan membuat performa handphone semakin ringan dan cepat.

Menggunakan Custom ROM

HP Android biasanya memiliki tampilan yg tidak begitu bervariasi. akan tetapi dengan rooting Kalian bisa membuat tampilan Android Kalian beda dari yg lain. Dengan Custom ROM, penampilan Android Kalian dapat lebih keren, ada banyak fitur unik yg bisa ditambahkan sehingga Android Kalian dapat terlihat lebih personal. Ada banyak opsi Custom ROM yg bisa Kalian download setelah HP di-root.

Lebih Hemat Baterai

Dengan rooting, Kalian dapat melakukan beberapa hal yg bisa membuat baterai hp lebih awet. Salah satunya dapat dengan kalibrasi baterai menggunakan aplikasi tertentu. Hal ini bisa menghemat baterai HP hingga 2 kali lipat, dengan catatan Kalian menggunakannya secara normal.

bisa Menghilangkan Iklan

Saat main games biasanya ada pop up iklan yg sering kali mengganggu. Setelah HP Android Kalian di-root, kelebihannya Kalian dapat menginstall aplikasi pihak ketiga untuk memblokir iklan, seperti AdBlock Plus dan AdFree yg mewajibkan penggunanya untuk nge-root terlebih dahulu.

Kerugian Melakukan Root pada Android

Menghilangkan Garansi

Root Android berarti Kalian melakukan perombakan atau customisasi sistem Android. Jika setelah root lalu HP Kalian mengalami kerusakan atau membutuhkan servis, garansi yg diberikan produsen akan hangus karena Kalian telah melakukan perombakan pada sistem operasi. Jadi hal yang merugikan adalah produsen smartphone yang kalian gunakan tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang di sebabkan oleh root.

Tidak Menerima Upgrade OS Terbaru

Sistem Bawaan akan selalau mengeluarkan update OS dengan berbagai perbaikan, dan fitur tambahan yang di butuhkan oleh para user. Bagi HP Android yg sudah di-root tidak akan mendapat otomatis update OS terbaru karena sistem yg ada di HP Kalian sudah dimodifikasi bukan oleh pengembang.

Tapi, jika Kalian melakukan Rooting, device kalian langsung keluar dari garansi. Katakanlah Kalian melakukan root pada hpmu dan beberapa saat setelah itu, hpmu mengalami kegagalan fungsi terkait dengan perangkat keras atau perangkat lunak. Karena melakaukan rooting android akan menyebabkan garansi menjadi void atau tidak berlaku, dan sesuai dengan aturan dari produsen ponsel tersebut, mereka tidak bertanggung jawab akan kerusakan yang terjadi setelah ponsel di rooting.

Rentan Kena Virus

Hp yang telah di ubah sistemnya maupun di root akan lebih mudah terserang virus smartphone, karena pengguna memperbolehkan instalasi di luar google playstore. Banyak aplikasi di luar Play Store yg disisipi malware dan bisa menginfeksi HP Kalian. akan tetapi yg ini dapat Kalian cegah dengan tidak download games dan aplikasi di luar Play Store dan memasang antivirus di HP Kalian.

Mendapatkan akses root juga mencakup menghindari pembatasan keamanan yg diberlakukan oleh sistem operasi Android. Hal tersebut dapat berbahaya karena bisa mencuri data penting dan privasi.

Aplikasi Game Sering Error

Meski bisa download aplikasi dan games apa saja setelah root. Akan tetapi salah satu kerugian proses rooting adalah kemungkinan error saat membuka aplikasi atau main games. Misalnya saja games bisa tiba-tiba tertutup sendiri, Play Store yg tidak bisa diakses dan sebagainya. Solusinya, Kalian harus un-root HP dan instal kembali aplikasi dan games yg error tadi.

Tujuan rooting ponsel adalah untuk meningkatkan kinerja ponsel. Walaupun rooting dapat membuat smartphone menjadi lebih cepat, dalalm jangka waktu lama ponsel akans ering mendapatkan error.

HP Cepat Panas

Dengan smartphone yang bekerja ekstra karena settingan dalam root. Hp akan mudah panas karena optimasi yang di lakukan dalam waktu yang alam. Hal ini bisa terjadi karena Kalian mengoptimalkan kinerja CPU, RAM dan baterai sehingga HP cepat panas. Jika sering terjadi akan memperpendek umur pakai handphone. Solusinya, hentikan aktifitas jika HP Kalian sudah terlalu panas.

Kerusakan Sistem dan Hardware

Salah satu resiko terbesar dari root android adalah kerusakan sistem dan hardware yg membuat HP rusak total. Ada beberapa hal yg bisa terjadi.

Masalah seperti Bootloop sering terjadi karena proses rooting yang kita lakukan di hentikan secara paksa di tengah prosesnya. Solusinya Kalian harus install sistem Android yg baru sesuai yg digunakan sebelumnya.

Bisa juga mengakibatkan banyak fungsi HP tidak berfungsi, seperti Bluetooth dan wi-fi yg tidak bisa diaktifkan atau kamera gagal berfungsi. Selain itu masalah lainnya seperti smartphone sering mati desngan sendirinya, dan yang paling parah. Jika android kita menglami hardbrik, yang berarti ponsel tidak dapat di nyalakan sama sekali dan harus di perbaiki di service center.